Kurikulum Prodi Teknik Lingkungan (PSTL) FST UIN Walisongo Semarang disusun sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Outcome-Based Education (OBE), atau kurikulum yang menitikberatkan pada capaian luaran (outcome) dalam suatu proses pembelajaran. Kurikulum berbasis luaran ini terdiri dari tiga tahapan yang saling berinteraksi, yaitu Outcome Based Curriculum (OBC), Outcome Based Learning and Teaching (OBLT), dan Outcome Based Assessment and Evaluation (OBAE). Komponen OBC memastikan bahwa suatu kurikulum dikembangkan berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Learning Outcome (LO) yang merupakan tujuan daripada didirikannya suatu program studi. Ketiga komponen tersebut sebagaimana pada gambar berikut:

Gambar. 1. Komponen-Komponen pada Kurikulum Berbasis Luaran

atau Outcome-Based Education (OBE)

Selain itu, sebagai bagian dari penyelenggara program studi teknik lingkungan, maka penyusunan kurikulum PSTL FST UIN Walisongo juga mempertimbangkan kerangka kurikulum oleh Badan Kerjasama Perguruan Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Lingkungan (Bakerma-TL), terutama menyangkut: (1) Rumusan Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S-1) Teknik Lingkungan; dan (2) Rumusan Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Bidang Teknik Lingkungan. Guna menyiapkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan calon pengguna, penyusunan kurikulum juga melibatkan stakeholders terkait, baik calon pengguna maupun pakar. Seiring dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0, pada tahun 2019 pemerintah telah menyusun Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0, yang menyatakan bahwa rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) disarankan untuk memuat kemampuan yang diperlukan dalam era industri 4.0 diantaranya adalah kemampuan tentang: (1)

Literasi Data, yakni kemampuan pemahaman untuk membaca, menganalisis, menggunakan data dan informasi (big data) di dunia digital; (2) Literasi Teknologi, yakni kemampuan memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi (internete of things, artificial intelligence, dan engineering principle); (3) Literasi Manusia, yakni kemampuan pemahaman tentang aspek-aspek kemanusiaan (humanities), komunikasi dan desain; (4) Pemamahaman akan tanda-tanda revolusi industri 4.0; (5) Pemahaman ilmu untuk diamalkan bagi kemaslahatan bersama secara lokal, nasional, dan global. Adapun naskah akademik Kurikulum OBE program Studi Teknik Lingkungan dapat dilihat pada menu download.